Kamis, 08 Oktober 2009

PROYEK HARUS PUASA ?


PROYEK HARUS PUASA.
Maksudnya ?
Pekerja Proyek harus Puasa, atau Proyek harus di Bulan Puasa ? Atau Gimana Sih?.

Ini adalah Kumpulan dari berbagai Celoteh para Konsumen Warung istriku. Yang rata-rata baru datang dari Kampung setelah Mudik Lebaran Kemarin.

“ Busyeeeettttt,…. Macet total. Berangkat jam 7 pagi sampai Pekalongan jam 8 malam. 13 jam lebih. Padahal biasanya paling 7 jam”, Cerocos si Supri sambil mulutnya monyong Nyosor Tempe mendoan yang kebul-kebul panas.
“ Kamu lewat PANTURA ya !!!. Kalau aku lewat jalur tengah…….”, Timpal Dulkimin sambil nyeruput The Manis yang Panas, wangi dan Kentel.
“ Lah emang jalur tengah gak macet ya, Dul?”.
“ Sama………, malah lebih parah. Jalan satu-satu. Kirain ada apaan, gak taunya Perbaikan Jembatan”.
“ HA-AH…., Koq sama ya. Di Pantura juga kayak gitu. Perasaan tiap Lebaran Jembatan ama Jalan Raya diperbaiki terus”.
“ BAGUS itu Dulllll. Berarti Pemerintahnya mikirin kita yang mau Mudik”, samber si Karso yang baru aja masuk sambil tangannya nyamber Goreng Bakwan yang kemebul menebar aroma nikmat.
“ Bagus apanya. Bukannya malah nambah kacau. PROYEK koq Harus Puasa. Mbok ya bulan-bulan sebelumnya”.

Ya celotehan obrolan kaum buruh yang sangat mengusik. Terutama kalimat PROYEK koq Harus Puasa. Mbok ya bulan-bulan sebelumnya.

Mungkin jawaban kita adalah karena memang Rusaknya pas Bulan puasa. Tapi bukankah harusnya Pemerintah atau Jawatan yang terkait berpikir panjang. Sebelum rusak parah diperbaiki jauh-jauh hari. Kan ada DPU, DLLAJR dan sebagainya yang tiap hari ngluyur di jalanan. Hingga tahu persih bila ada kerusakan.

Dan ternyata, setelah semalam aku bertemu dengan beberapa Pimpinan Instansi terkait, seperti DPU, DLLAJR, dan malah ada MENKEU dan Pimpinan Pedagang Jalanan, ketemu jawabannya. Tapi ini hanya mimpi lho, mimpi kan boleh apa aja. ( Paling takut dituntut ya...???? ). Ini jawaban mereka masing-masing.

1. Jawaban DPU dan sekaligus mewakili PEMBORONG.
Proyek perbaikan dilakukan Bulan Puasa bertujuan agar bila ada Ketidaksesuaian Proyek dengan Bestek yang ditetapkan, terus bangunannya cepat Rusak lagi ada alas an karena yang ngerjain sambil Puasa, jadi agak Lemes. Pandangan kabur hingga campuran Semen aturan 5 banding 2 jadi 10 banding 1.
Terus kalau ada kesalahan kan gampang langsung minta maaf pas LEBARAN. Kalau udah minta maaf, dan pasti di MAAFIN, kan gak mungkin diaudit. Kan udah dimaafin. LAHIR BATIN LAGI.

2. Jawaban DLLAJR.
Memang meminta dengan sangat agar segala Proyek yang bersangkutan dengan JALAN RAYA sebisa mungkin dilaksanakan bulan PUASA. Kalau macet narikin RETRIBUSI SAMPINGAN-nya lebih gampang, gak usah lari-lari. Kan kasian Petugasnya kan juga Puasa.

3. Jawaban MENKEU, mewakili Persatuan Pedagang Jalanan.
Ini memang agenda Tahunan Bersama, bila macet para Pedagang bisa menjajakan Dagangannya dengan mudah. Ini sama juga menciptakan kemudahan Berusaha. Dan juga sarana bagi Pemudik. Dan Kemungkinan untuk tahun-tahun berikutnya akan dilakukan Pemecahan REKOR Macet terlama dan terpanjang hingga banyak Pedagang dan Pengemis terkoordinir makin banyak yang terbantu setiap menghadapi Lebaran.

4. Jawaban Wali Presiden ?.
Bulan Puasa adalah waktu yang pas untuk pengerjaan Proyek Jalan dan Jembatan. Dengan banyaknya Pemakai Jalan atau Pemudik, dan Pas ada Proyek maka Rakyat tahu bahwa Pemerintahnya bener-bener merhatiin Rakyatnya. Buktinya bulan Puasa aja Proyek jalan terus. Ini sekaligus ngirit biaya Iklan TV. He...he...he..he...
Lah kalau gak bulan Puasa ngapain ?.... ( Tidur kaleeee.... ).

Kalau Jawaban kamu apa ?

( Gambar dicomot dari http://www.elshinta.com )

9 komentar:

  1. Semoga hari esok tetap bermentari... :-)

    BalasHapus
  2. Kalo bulan puasa itu nama lainnya bulan ramadhan ya.... :-D

    BalasHapus
  3. Mohon maaf lahir batin dulu ya kang ,semoga belum basi ya lebrannya hehe..

    jawabannya sama aja deh sama kang Ari...karena memang Rusaknya pas Bulan puasa. Tapi bukankah harusnya Pemerintah atau Jawatan yang terkait berpikir panjang. Sebelum rusak parah diperbaiki jauh-jauh hari. Kan ada DPU, DLLAJR dan sebagainya yang tiap hari ngluyur di jalanan. Hingga tahu persih bila ada kerusakan....hehe maaf ya kang bukannya ndak kreatif nih jawabannya,tapi setuju2 aja deh ...*_*

    BalasHapus
  4. Seharusnya proyek jalan teyus.... jangan cuman bulan puasa doang, jadinya yang ikut kerja nggak puasa, khan dosa.....
    Apalah jadinya kalau sebuah proyek dikerjakan oleh para pendosa????

    BalasHapus
  5. waduh, aku mau komentar apa'an yah , binun dengerin Om supri ,abis ngomngnya gg jelas , ama makan tempe , kyknya enak thu, cixixiixixixix

    BalasHapus
  6. namanya aja proyek bulan puasa mas... karepe ben ganjarane akeh! Ekspos mudik kan adanya di bulan puasa?!

    BalasHapus
  7. Pak, nekk kulo malah ngiler kalih bakwan lan tempe gorenge niku lho Pak :(, nek kulo teng meriku, gratis nggih..??? hehehehe..

    BalasHapus
  8. Eh lupa, lum komen tulisan bapak. kalau saya apa yah...??? *saya gak tahu proyek mereka pak :) jadi, yah hanya bisa menjadi penonton setia :)

    BalasHapus
  9. hehehe..ribet emang bangsa ini mas

    BalasHapus

Bila ingin Mendampratku Silahkan,....