Selasa, 01 Juni 2010

Hmmmmm........ URINE/DARAH


Judulnya aneh, itu kencing darah. Atau darah dikencingin.
Dua-duanya salah, apalagi kalau berpikiran ini drakula lagi kencing....

Ini tentang keluh kesah seseorang,
Seseorang yang dengan kesadaran teramat-amat tinggi akan kebersihan jakarta,
hingga ketika betapa sibuk kerjaannya, ia masih tetap menyempatkan membersihkan got-got disekitar ia tinggal.

Bukan hanya di depan tempat ia tinggal tapi dari ujung-keujung.
hampir tiap hari, di subuh gelap ketika yang lain masih terlelap.

Yang aneh, tiap orang lewat memanggilnya," BOS ! "
Lah bos kok bersihin got.
Tapi memang, ia seorang usahawan dengan puluhan Kios.
Malah ada beberapa Truk Expedisi segala macam. Tapi ia tetap bersahaja dan peduli dengan lingkungannya.

Tempat ia tinggal ada dilingkungan KUMUH Jakarta barat.
Dimana mayoritas penduduknya adalah pendatang dari segala macam suku dan bangsa.
Ada jawa, sunda, dayak, cina bahkan india. Semua campur aduk.

Tapi kebanyakan adalah cina dengan usaha konfeksinya,
mereka menempati deretan paling terdepan di gang,
dan dibelakangnya baru tempat tinggal para pendatang jawa-sunda berjubelan.

Lah kembali kesi-BOS, kenapa koq tinggal di daerah KUMUH tersebut.
"he..he..he..., ya karena disinilah saya bisa hidup, cari nafkah untuk anak istri".
Ohhhh, ternyata banyak Kiosnya melayani para buruh Konfeksi di rumah-rumah cina tersebut.

Ketika ditanya," Kerja bakti koq sendirian, subuh-subuh lagi ".
Jawabnya enteng," Sempetnya gini hari".
Lalu coba kukejar," Kalau siangan terus hari minggu kan warga lain bisa turun semua".
" Kata siapa ?!".

Sepuluh tahun ceritanya ia tinggal di lingkungan itu, hanya satu dua yang sadar akan kebersihan lingkungan. Yang lainnya merasa sudah cukup dengan membayar iuran RT/RW dan memberi Uang Rokok ketika ada kerja bakti. Padahal intinya bukan itu, sambungnya sambil menyeruput kopi kental kegemarannya, Kopi Luwak.

Lingkungan ini, jakarta ini butuh kebersamaan. Mimik wajahnya sangat serius ketika ia mengatakan ini.
Kebersamaan untuk menatanya, mengaturnya dan membersihkannya.
Kalau semua orang merasa dirinya sibuk, jadi bos dan cukup dengan membayar iuran RT/RW, lalu ketika kerja bakti hanya memberi uang rokok yang ternyata hanya masuk ke kantong pengurus maka tunggu Jakarta Ambruk.

Wahhhh, ngeri juga. Lalu dengan sedikit suara tertahan,
" Kalau sibuk, subuh-subuh mereka sibuk apa sih?. Cukup satu orang didepan rumah bersihkan got masing-masing paling lima menit selesai".
" Tak usah kerja bakti, nanti kalau kerja bakti jawaban mereka paling,.... wahhhh lembur nih gak bisa bantu. Ini uang rokok aja ya".
"Padahal didalam mereka nonton film terbaru di depan layar TV Plasma 40 inchi".

Waduhhh, kok sara nih pak ?
" Loh bukan ke orang dari XXXX saja lho, semua. Gak jawa, gak Sunda, gak China. Tapi khusus yang merasa BOS yang paling saya gak suka !".
" Lahhhh... kitanya nungging-nungging di Got depan rumah dia. Ehhh malah asyik baca koran. Lalu nongol kepalanya doang, lalu ngomong iya nih tiap hari banyak sampahnya. Kadang si-anu tuh buangnya sampah di got ".

" Emang si-Anu suka begitu ya pak ?", tanyaku.
" Mana bisa si-Anu buang bungkus PIZZA HUT, orang makan aja harus ngutang".
Memang kata bapak yang BOS tadi, sering ia menemukan bungkus-bungkus plastik dari Hypermarket terkenal. Yang tak mungkin orang kampung mengaksesnya.

" Lalu menurut Bapak baiknya gimana ?", tanyaku lagi.
" Ya itu. Luangkan waktu 5 menit di pagi hari bersihkan got masing-masing".

" Kalau mereka gak mau pak ??? ".
" Huuuhhhh, sekali-kali saya pingin cium bau darah mereka.
Bosan tiap hari dengan Pesingnya air kencing mereka !".

gambar dari sini

15 komentar:

  1. jarang yang peduli dengan kebersihan lingkungan kita yang sudah makin rapuh ini..
    salam kenal..:)

    BalasHapus
  2. :O, di bunuh donk ahahah sadis!!

    iya ni Bos turun dunk ke got :P

    BalasHapus
  3. sadarkah kita? bahwa kita sudah dikepung sampah, apa saja, dimana-mana.
    Suatu saat kita akan mati karena menghirup bau kotoran sendiri, atau kelelep di air kencing sendiri.

    BalasHapus
  4. mari jaga kebersihan bersama sama... :-)

    BalasHapus
  5. @Tukang Colong : Iya nih, Salam kenal kembali.
    @Nyun's :Gak sadis koq,... cuma disudat dikit.
    @Yans : Hiiiii....ngeriii.
    @ا شين : Ayooooooo....

    BalasHapus
  6. jagalah kebersihan untuk kesehatan

    BalasHapus
  7. salam kenal gan, sukses selalu yah , ku tunggu dah kunjungan baliknya :D

    BalasHapus
  8. waduh.. harus segera di perbaharui nih, jaga kebersihan selalu..

    BalasHapus
  9. kita harus pedulikan hal ini dari sekarang..
    salam kenal ya.

    BalasHapus
  10. makasih buat infonya ya... bermanfaat sekali..

    BalasHapus
  11. makasih untuk infonya pamans...........

    BalasHapus
  12. jagalah kebersihan supaya kita merasa nyaman dengan likungan

    BalasHapus

Bila ingin Mendampratku Silahkan,....